Pendidikan Abad 21

Pendidikan di Abad 21

30 tahun dari sekarang kita tak pernah tahu skill apa yang paling dibutuhkan karena zaman berubah begitu cepatnya.
Diprediksikan dalam satu dekade manusia harus berganti profesi.

Perlukah anak diajari pemrograman bahasa komputer C+ misalnya? Atau karena Cina lagi berjaya perlukah belajar bahasa Cina?

30 tahun ke depan program C+ barangkali sudah diganti bahasa lain. Begitu juga bahasa Cina sudah bisa digantikan aplikasi penerjemah yang semakin canggih. Kita hanya perlu tahu satu kata, Ni Hau.

Lalu apa skill yang dibutuhkan anak2 kita? Para ahli pendidikan menyatakan bahwa sikap mental yang kuat (mental baja) dan fleksibilitas sangat diperlukan.

Selain itu ada 4 skill lain yaitu 4C:
1. Critical Thinkin
2. Communication
3. Collaboration
4. Creativity

Melihat skill masa depan dan kita bandingkan dengan yang diajarkan di pesantren rasanya sudah sangat sesuai.

Pesantren mendidik santrinya agar bermental baja. Setiap waktu di pesantren tidak ada yang kosong. Satu kegiatan berganti dengan kegiatan lain. Full activities 24 jam, 7 hari seminggu.

Begitu juga santri diajari fleksibel: setiap tahun ganti teman sekamar, ganti teman sekelas, ganti teman klub muhadoroh. Santri dilarang berkumpul dengan teman sedaerahnya, kecuali pada acara tertentu.

Nah, Communication juga diajarkan dengan praktiknya yaitu muhadoroh atau latihan pidato. Bahkan setiap orang didaulat menjadi ketua organisasi ini ketua organisasi itu yang tugasnya antara lain berbicara di depan umum.
Bereslah.

Nah, Collaboration juga sudah terpenuhi. Santri diajarkan bisa bekerjasama dengan teman sekamar, teman gugus depan Pramuka, dsb.

Lalu, Creativity juga diajarkan. Drama yang dilombakan setiap semester sangat kental dengan kreativitas. Pentas panggung gembira yang ditampilkan setiap tahun menjadi bukti seberapa tinggi kreativitas santri.

Nah, terakhir Critical Thinking. Ada yang mau memberi contoh? Atau barangkali belum ada di pesantren karena kultur pesantren yang sami’na wa atho’na sehingga harus diajarkan saat kuliah?

Disarikan dari 21 Lessons for 21st Century by Yuval Noah Harari oleh Hery Azwan.