MENGENAL WALI PITU DI PULAU DEWATA

= MENGENAL WALI PITU DI PULAU DEWATA =

Menurut KH Toyib Zain Arifin, seorang Mursyid Tarekat yang mengadakan penelitian tentang keberadaan Wali Pitu di pulau Bali adalah para ulama yang menyebarkan Islam di pulau Bali yaitu:

1. Pangeran Mas Sepuh/Pangeran Amangkuningrat yang dikenal sebagai "Wali Seseh Mengwi." Makamnya terletak di pantai Seseh Mengwi, desa Munggu, kecamatan Mengwi kabupaten Badung dikenal sebagai "Makam Keramat Seseh."

3. Habib Ali bin Abu Bakar bin Umar bin Abu Bakar Al Khamid dikenal sebagai "Wali Kusamba." Makamnya berada di desa Kusumba kecamatan Dawan kabupaten Klungkung di dekat selat yang menghubungkan antara Klungkung dengan pulau Nusa Penida yang dikenal dengan "Makam Keramat Kesumba." Makam ini tidak hanya dikeramatkan oleh umat Islam tetapi juga oleh umat Hindu. Makam ini mempunyai ciri khas tang berupa patung Pangeran yang bersorban sedang menunggangi kuda layaknya Pangeran Diponegoro.

3. Habib Ali bin bin Zainal Abidin Al Idrus dan
4. Syekh Maulana Yusuf Al Baghdadi Al Maghribi, keduanya dikenal sebagai "Wali Kembar Karangasem." Makam keduanya berada di satu tempat berjajar di suatu makam di desa Bungaya Kangin kecamatan Babandem kabupaten Karangasem yg dikenal dengan "Makam Keramat Kembar." Kedua makam tersebut selamat dari dahsyatnya letusan dan semburan gunung Agung pada tahun 1963 yang berada di Karangasem.

5. Habib Umar bin Maulana Yusuf Al Baghdadi Al Maghribi yang dikenal sebagai "Wali Bedugul." Makamnya diatas bukit Bedugul kecamatan Baturiti kabupaten Tabanan yang dikenal dengan "Makam Keramat Bedugul." Ketika Gunung Agung meletus dengan hebatnya pada tahun 1963 dan meluluh lantakan kawasan sekitarnya, namun anehnya makam keramat ini tidak tersentuh oleh sebutir pasir pun dari letusan tersebut.

6. Habib Ali bin Umar Bafaqih dikenal sebagai "Wali Negara." Makamnya berada di jalan Loloan Barat kecamatan Negara kabupaten Jembrana dan dikenal dengan "Makam Keramat Loloan."

7. Syeik Abdul Qadir Muhammad dikenal sebagai "Wali Karang Rupit." Makamnya berada di desa Temukus kecamatan Banjar kabupaten Buleleng dan dikenal dengan "Makam Keramat Karang Rupit" di kawasan Bali Utara yang diziarahi oleh umat Islam dan umat Hindu.