Tarekat di Sulawesi Selatan

Berdasarkan data yang ada di JATMAN, Setidaknya ada 4 tarekat di Sulawesi Selatan yang menggunakan nama Khalwatiyah yaitu

1. Khalwatiyah Yusuf, yaitu tarekat yang dibawa dan dinisbatkan kepada Syekh Yusuf Al-Makassary. Di antara mursyidnya saat ini adalah Syekh Sayyid Abdul Rahim Assegaf Puang Makka yang tinggal di jalan Baji Bicara.

2. Tarekat Khalwatiyah Samman yaitu tarekat yang dinisbatkan kepada Syekh Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani. Pusat penyebarannya ada di Patte'ne, Leppakomai, Turikale, Parangki dan Pangkasalo.

3. Tarekat Khalawtiyah Yusufiyah yaitu tarekat khalwatiyah yang diturunkan melalui jalur keturunan. Salah seorang mursyid tarekat ini adalah Syekh Sahib Sultan Karaeng Nompo yang tinggal di jalan Kacong Daeng La'lang Sungguminasa.

4. Tarekat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf. Tarekat ini *menisbatkan diri* kepada Syekh Yusuf Al-Makassari. Tarekat ini berpusat di Bolangi dan pimpinannya bernama Puang La'lang.

No. 1, 2 dan 3 termasuk dalam kelompok Tarekat mu'tabarah (sah dan diakui kebenarannya). Sedangkan yang no 4 ghairu mu'tabarah (belum diakui kebenarannya).

Setidaknya ada 2 alasan utama mengapa tarekat Tajul termasuk dalam kategori ghairu mu'tabarah. Yaitu

1. Tidak memiliki sanad yang muttshil atau silsilah keilmuan yang bersambung hingga kepada Rasulullah saw. Mereka mengklaim punya silsilah, tapi silsilah yang mereka miliki diragukan karena tidak jelas sumbernya.

2. Beberapa ajaran mereka bertentangan dengan aqidah dan syari'at