Islam damai, Islam nusantara

https://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/09/25/pflh0c366-emil-ingin-kirim-ulama-ke-spanyol-syaratnya-cuma-satu


Menurut Rachmat, berdasarkan pengalaman Emil yang diceritakan kepadanya, banyak warga di luar negeri khususnya Amerika Serikat yang mengenal Islam dari ulama asal Timur Tengah. "Berdasarkan pengalaman beliau (Emil), ketika kuliah (di Amerika), warga di sana mengenal Islam dari Timur Tengah. Inginnya dari masyarakat Indonesia," katanya.

Rachmat mengatakan, pengenalan Islam dari Indonesia lebih baik dibanding Timur Tengah karena pengenalan Islam dari ulama Indonesia dilakukan dalam situasi yang damai. "Di Timur Tengah kan terkontaminasi, dalam keadaan perang. Kalau dakwah di Indonesia dalam keadaan damai sehingga pemikirannya damai," katanya.

Bahkan, kata Rachmat, pengenalan Islam dari Timur Tengah berpotensi menimbulkan radikalisme. "Eksesnya keras, radikal," katanya.


Idealnya tidak ada Islam Arab, Islam Nusantara, yang ada satu Islam. Tapi realitas dalam pengamalan jelas berbeda, ada Islam model Timur Tengah, ada Islam Nusantara. Islam (Para Dai) dari Nusantara yang sangat dirindukan 😍