Islam dan Islamisme

🏮 *Islam vs Islamisme*

*Syariat*
Apakah beda ?..
Islam dan Islamisme?....
sangat berbeda.
 perbedaan itu adalah :
*Islamisme*  merupakan gerakan yang berkeinginan untuk *memaksakan satu penafsiran agama (perlokusi islamisme menyebutnya dengan hukum syariat) kepada masyarakat* dan *penafsiran tersebut dipaksakan sebagai undang-undang negara* (perlokusi gerakan islamisme menyebutnya dengan *penegakkan syariat atau penegakkan khilafah untuk tegakknya syariat*)


Sedangkan

*Islam* memberikan peluang kepada para pemeluknya untuk *memberikan tafsir kepada agama Islam*


Ketua PC NU Australia & New Zeland, *Prof. Nadirsyah Hosen* dalam seminar Argumen Fiqh Kebangsaan, menyebutkan :

Dalam Fiqh, meniscayakan adanya perbedaan pendapat, sehingga tidak ada pemutlakan dalam fiqh. Perbedaan pendapat dikalangan ulama ahli fiqh itu hal yang biasa dan lumrah dan tidak perlu sampai saling mengkafirkan apalagi menghalalkan darah hanya gara-gara beda fiqh. Bagi siapa saja yang belajar fiqh dan membuka-kitab-kitab fiqh semisal Bidayatul Mujtahidnya Ibnu Rusyd, Al Mughninya Ibnu Qudaimmah, Syarh Muhajabnya Imam Nawawi atau kitab lainya, disitu akan banyak diketemukan berbagai macam perbedaan pendapat di kalangan ahli fiqh.


Pemaksaan satu penafsiran untuk dipaksakan kepada umat yang dipaksakan sebagai konstitusi negara, dalam kenyataanya bertentangan dengan Islam itu sendiri, yang pada kenyataanya Islam memberikan ruang terbuka bagi penafsiran pemeluknya terhadap Islam.

Lagi Pula, tafsiran Islamisme yang akan ditegakkan itu juga confius, membingungkan, syariat mahdzab siapa yang akan ditegakkan... terlebih adanya pandangan ekstrim bahwa ibadah-ibadah mahdhah umat islam dianggap tidak absah bila syariat belum tegak diatas tatanan Khilafah atau berdirinya Negara Islam, karena pada kenyataanya tafsiran ini justru a historis jika ditinjau dari sejarah kenabian.

--------------
🇮🇩 *Jayalah Indonesia dengan Pancasila & Kebhinekaannya*