Agama Perdamaian, “Deen Assalaam” yang Viral!



Tema lagu ini tentang Agama Perdamaian. Syair bahasa arabnya kurang lebih berisi ajakan kepada seluruh ummat Islam untuk menerapkan prinsip hidup yang toleran. Mengajak ummat Islam untuk selalu saling menghormati dan menunjukkan bahwa Islam adalah agama perdamaian.
“Kala Haadzil ardli maa takfii masaahah, lau na’iisyiblaa samaahah” Seluruh bumi ini akan terasa sempit jikalau kita hidup tanpa toleransi. Demikian salah satu makna bait syairnya yang indah.
Saya meyakini, kampanye agama perdamaian melalui lagu ini mampu menembus dinding-dinding tebal kelompok atau orang-orang yang selama ini lebih mengedepankan ajaran yang keras, intoleran atau bahkan radikal.
Tentu kalau mereka yang mendengar lagu ini memahami arti bahasa Arabnya atau setidaknya mau mencari tahu arti lagu ini dan kemudian merenungkannya. Bukan sekedar menikmati syairnya yang berbahasa Arab dan nadanya yang mendayu-dayu kemudian merasa religius.
Semoga saja mereka sadar bahwa lagu ini dengan tulus mengajak mereka dan kita ummat Islam untuk selalu bertoleransi dan menunjukkan bahwa Islam adalah agama pembawa perdamaian.
Lagu ini aslinya dinyanyikan oleh Sulaiman Al Mughni. Di Indonesia, cover lagunya dinyanyikan oleh Nissa Sabyan dengan kelompok gambus Sabyan dan Via Vallen yang bernyanyi hanya diiringi piano. Lagu ini menjadi viral luar biasa di media sosial , dll.
(M Ainul Yaqin, Dosen UIN Sunan Kalijaga)